wel

* * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * * Welcome to My Blog * * *

Senin, 10 Juni 2013

BOOK REPORT (Ecological Literacy)


 KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga kami bisa menyelesaikan tugas “BOOK REPORT” ini. Dalam penyusunannya mungkin tugas “BOOK REPORT” ini sangat jauh sekali dari kesempurnaan, oleh karena itu kami sangat berharap saran dan kritik yang sifatnya membangun sebagai bahan perbaikan bagi kami di masa yang akan datang.
Dalam kesempatan kali ini kami ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyusunan tugas ini. Mudah-mudahan tugas “BOOK REPORT” yang kami buat dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Wassalamualaikum wr.wb


Sukabumi, 26 April 2013


Penyusun



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR           ……………………………………………………… i
DAFTAR ISI                          ……………………………………………………… ii
Identitas Buku                        ……………………………………………………… 1

Bab 1   PENDAHULUAN……………………………………………………….... 2
Bab 2   PEMBAHASAN ………………………………………………………...... 5
Bab 3   PENUTUP………………………………………………………................ 18

Identitas Buku
Judul buku      : Ecological Literacy ( Educating Our Children for a Sustainable World )
Pengarang       : Michael K. Stone and Zenobia Barlow
Penerbit           : Sierra Club Books, San Francisco

Ecology  Literacy adalah istilah yang pertama kali digunakan oleh pendidik Amerika David W. Orr dan fisikawan Fritjof Capra pada 1990-an, dalam rangka memperkenalkan ke dalam praktek pendidikan nilai dan kesejahteraan Bumi dan ekosistemnya. Ini adalah cara berpikir tentang dunia dalam hal alam dan sistem saling ketergantungan manusia , termasuk pertimbangan dari konsekuensi dari tindakan manusia dan interaksi dalam konteks alami. Ecology literacy melengkapi siswa dengan pengetahuan dan kompetensi yang diperlukan untuk menangani masalah lingkungan yang kompleks dan mendesak secara terpadu, dan memungkinkan mereka untuk membantu membentuk masyarakat yang berkelanjutan yang tidak merusak ekosistem.      

BAB I
PENDAHULUAN

Tradisi diambil dari Bahasa Latin: traditio, "diteruskan") atau kebiasaan, dalam pengertian yang paling sederhana adalah sesuatu yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu, atau agama yang sama. Hal yang paling mendasar dari tradisi adalah adanya informasi yang diteruskan dari generasi ke generasi baik tertulis maupun (sering kali) lisan, karena tanpa adanya ini, suatu tradisi dapat punah.
Tradisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti adat kebiasaan turun temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat ; penilaian atau anggapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan yang paling baik dan benar.

Sedangkan pengertian tradisi seperti yang ditulis oleh Muhammad Abad Al Jabiri dalam tulisannya yang berjudul Al Turats Wal Hadatsah adalah sesuatu yang hadir dan menyertai kekinian kita yang berasal dari masa lalu kita atau orang lain baik masa lalu jauh maupun dekat.
Tradisi merupakan gambaran sikap dan perilaku manusia yang telah berproses dalam waktu lama dan dilaksanakan secara turun-temurun dari nenek moyang. Tradisi dipengaruhi oleh kecenderungan untuk berbuat sesuatu dan mengulang sesuatu sehingga menjadi kebiasaan.
Biasanya sebuah tradisi tetap saja dianggap sebagai cara atau model terbaik selagi belum ada alternatif lain. Misalnya dalam acara tertentu masyarakat sangat menggemari kesenian rabab. Rabab sebagai sebuah seni yang sangat digemari oleh anggota masyarakat karena belum ada alternatif untuk menggantikannya disaat itu. Tapi karena desakan kemajuan dibidang kesenian yang didukung oleh kemajuan teknologi maka bermunculanlah berbagai jenis seni musik. Dewasa ini kita sudah mulai melihat bahwa generasi muda sekarang sudah banyak yang tidak lagi mengenal kesenian rabab. Mereka lebih suka seni musik dangdut misalnya.

 Buku tersebut, khususnya pada materi mengenai Tradisi California yang menggunakan Teknik di Indian lebih menjelaskan mengenai pengalaman tokoh-tokoh pendidikan, salah satunya yaitu Malcolm Margolin.
Malcolm Margolin adalah penerbit independen (pemilik pendiri Heyday Buku) dan seorang penulis dengan minat khusus dalam memonya dan buku harian, kelompok etnis asli-Amerika dari negara bagian AS California, dan wilayah geografis yang mencakup California. Lahir di Boston pada tanggal 27 Oktober 1941, ia lulus dalam literatur dari Harvard pada tahun 1964 dan pindah ke New York.
Margolin adalah penulis/editor delapan buku, termasuk The Ohlone Way: Hidup India di San Francisco Monterey Bay Area, dinamai oleh San Francisco Chronicle sebagai salah satu dari seratus buku yang paling penting dari abad kedua puluh oleh seorang penulis barat. Esai dan artikel telah muncul di sejumlah majalah termasuk The Nation, Tekan Kecil, Taman Nasional, San Francisco Chronicle, dan Los Angeles Times.
Dia telah menerima puluhan penghargaan bergengsi termasuk Lifetime Achievement Awards dari San Francisco Bay area Book Reviewer Association dan Studi California Association, sebuah Penghargaan Kepemimpinan Komunitas dari Yayasan Francisco San, dan Kebebasan Budaya Penghargaan dari Yayasan Lannan. Pada 2012 ia menerima Commendation Ketua itu dari National Endowment for the Humanities.
 Dia adalah seorang penerbit buku kejayaan, dia menerbitkan buku-buku tentang sejarah california, sastra, perjalanan dan kehidupan Amerika asli. Dia mengutip sebuah pepatah yang mengatakan bahwa “ketika Anda mengajarseseorang sesuatu, Anda telah merampok orang dari pengalaman belajar itu. Andaperlu berhati-hati sebelum anda mengambil pengalaman yang jauh dari orang lain”. Seorang anak belajar dengan cara berbeda dari orang dewasa, dan di indian menganggap bahwa belajar itu untuk menjadikan kepala kita berpikir. Jika mengetahui pengetahuan yang dewasa sementara anak masih muda, orang akan salah pahamdan mendevaluasi. Begitu mereka mencapai ambang dewasa dan dinilai siap untukpengetahuan yang kompleks yang diperlukan untuk menjadi orang dewasa yangberfungsi penuh, pengetahuan akan hati-hati disiapkan dan disajikan kepada mereka. Tetapi tidak dilemparkan kepada mereka, tidak melarang  mereka untuk memilih, tapidiserahkan kepada mereka dalam pengaturan sangat ritual yang membuat penerimamerasa bahwa apa yang sedang diberikan sudah lama dicari, sangat dihargai, dan akibatnya akan dihargai, diingat, dan juga diteruskan.
Program ecoliteracy mencoba untuk merekonstruksi cara yang menunjukkan bagaimana keluarga, masyarakat, dan lingkungan harus berinteraksi dalam perayaan dan apresiasi terhadap karunia kehidupan, pada En'owkin, ecoliteracy berarti bahwa kita harus menemukan cara untuk mengintegrasikan kemampuan akademis dan praktis dalam kurikulum, serta menunjukkan prinsip-prinsip kolaborasi. Namun, tempat pendidikan sering kali diabaikan karena berbagai alasan, di antaranya ,menurut John Dewey yang menyatakan bahwa tempat bisa menjadi alat pendidikan yang signifikan dalam esainya pada tahun 1897.
Tujuan mereka adalah untuk menciptakan sebuah pusat pendidikan lingkungan dan birokrasi lembaga pendidikan konvensional. Seperti Henry Thoreau dan Walden dalam rangka mendorong beberapa masalah hidup sehingga lebih mudah dipelajari.
Kurikulum ini mempelajari bidang pertanian berkelanjutan, kehutanan, ekologi terapan, pengembangan ekonomi pedesaan, dan teknologi energi terbaru.
Namun kita dapat belajar untuk mencintai tempat-tempat tertentu dan percaya bahwa evolusi peradaban manusia yang tahan lama akan membutuhkanbanyak cinta dan kompetensi. Jika pendidikan dipahami dengan benar, maka dapat membantu kita mengatasi niat buruk dalam hidup kita , yaitu dengan cara dimulai dengan sekolah formal.
Dalam metode ini, anak  diberi pembelajaran dengan hal-hal yang abstrak. Hal ini di maksudkan supaya anak dapat mengeksplorasi ide-ide dalam pikirannya. Selain itu, dalam pembelajaran anak di beri pembelajaran berhubungan langsung dengan alam. Sehinggga pemikiran mereka akan lebih terbuka dan anak akan lebih mencerna pemahaman dalam pembelajaran.
Konsep bioregion suatu hal yang unik dan berguna untuk menempatkan diri kita kembali ke alam. Bioregion adalah cara untuk menggambarkan geografi alam di mana sedalam satu kehidupan.
Cara efektif untuk memulai proses bioregion tersebut adalah dengan membuat peta sederhana yang menunjukkan beberapa karakteristik alam dasar di mana anda tinggal. Proses pembuatan peta akan menyerap eksplorasi. Peta yang dibuatnya itu merupakan pandangan bioregionnya sendiri.

BAB II
PEMBAHASAN

Pedagogi di indian: Lihatlah Sebuah  Tradisional California Teknik Pengajaran India
Malcolm Margolin adalah pemilik dan penerbit buku kejayaan, yang  ia dirikan pada tahun 1974 untuk menerbitkan buku-buku tentang sejarah california, sastra, perjalanan dan kehidupan Amerika asli. Dan merupakan  salah satu penerbit yang paling penting dari Amerika asli dan paling dihormati oleh penduduk asli. Ia juga pendiri, penerbit, dan editor berita asli dari CaliforniaDia mendirikan jaringanCalifornia asli, sebuah yayasan yang mengumpulkan uang untuk budaya tradisionalCalifornia India, mendirikan dan memimpin sebuah organisasi nirlaba yang ditujukan untuk memperdalam pemahaman masyarakat tentang warisan budaya dan alamCalofornia itu.
Pada tahun 1978  dengan karya bukunya  yang dijadikan sebagai reporteryang sensitif dan jeli pada kehidupan Amerika asli. Dia mengutip "ketika Anda mengajar seseorang sesuatu, Anda telah merampok orang dari pengalaman belajar itu. Anda perlu berhati-hati sebelum Anda mengambil pengalaman yang jauh dariorang lain "pusat untuk ecoliteracy, bekerja terutama di luar budaya asli, telah dipandu oleh keyakinan yang sama. Misalnya mantan CEL kurikulum koordinator juancarlos collins ciles pendidikan peneliti edgar dale , yang membuat titik (dari statistikoriental perspektif barat) bahwa orang-orang hanya mengingat 10 persen dari apa yang telah mereka baca, 20 persen dari apa yang telah mereka bahas, dan 90 persen dari apa yang telah mereka alami (dale).
Dalam esai ini. Margolin menjelaskan cara mengajar yang tidak bisa jauh dari modus umum di sebagian besar sekolah barat, yang diikuti pendidik Brasil dan filsufPaulo Freire.
Pada tahun 1987 dia mendirikan sebuah majalah yang ditujukan untuk California India, Berita dari asli California, dengan temannya: Vera Mae Fredrikson, seorang antropolog yang tinggal di Berkeley, dan David Peri, a Coast Miwok India yangbelajar di Sonoma State University. Dalam edisi pertamanyamereka memuat artikel oleh Harry Roberts, yang telah lama dikaitkan dengan San Francisco Zen Center.
Harry dibesarkan dekat mulut Sungai Klamath dan telah hidup erat denganYurok. Robert Spott dari desa Requa, seorang pria yang Harry sebut sebagai"Paman," adalah Yurok terkenal politik dan budaya pemimpin. Harry ingat, ia menontonperbaikan Paman Feathers pada panjang tongkat hiasan kepala yang digunakan untuk upacara penyembuhan disebut Tari Brush, Paman bekerja keras, teliti merapikan dan mengatur tempat-tempat anak mudaHarry hampir bisa melihat setiap kerusakanitu hampir tidak terlihat di siang hari, dan Tari Brush akan diadakan pada malam hari,baik penari maupun penonton, akan melihat semua pekerjaan Paman yang teliti. Untuk waktu yang lama Paman Spott menghindari menjawab pertanyaan. Sebaliknya ia meminta agar Harry menjawab pertanyaam sendiri, sementara ia memberikan Harryhanya petunjuk, dan cerita. setelah Harry terpaksa berpikir keras tentangpertanyaannya dan Spott membahasnya, tetapi tidak begitu banyak secara langsunghanya dengan menceritakan sebuah kisah yang akan mengarah pada pemahaman.
Dengan menolak untuk menjawab pertanyaan dan bahkan menolak untuk memiliki banyak hubungannya dengan harry .Sampai sedang dalam perjalananpunharry  mencari jalan keluar sendiri. Robert pertama kali memberikan tekanan padaanak itu sehingga ia akan tahu bahwa apa yang ia tanyakan adalah penting. Kemudian dia bekerja di dalamnya, dan ketika muda Harry tampak lebih dekat dengan Robert  karena dia menceritakan sebuah kisah yang membuat semuanya menjadi jelas. Davidmencatat, ada pepatah: ketika Anda mengajar seseorang sesuatu, Anda telahmerampok orang dari pengalaman belajar itu. Anda perlu berhati-hati sebelum Anda mengambil pengalaman yang jauh dari orang lain. Perbedaan antara pengajaran dan pembelajaran merupakan unsur dasar dari apa yang saya sebut tradisional californiaindian pedagogi.

Di antara kenangan yang paling kuat dari generasi yang lebih tua dari Indianadalah bahwa inisiasi mereka. Di antara banyak suku seorang gadis dimenstruasipertamanya akan diasingkan, kadang-kadang di tempat penampungan khususdibangun jauh dari tempat tinggal keluarga. Di sini dia akan makan makanan spesial,melakukan ritual, dan bertindak dengan cara yang ditentukan. Setelah jangka waktumemulai akan dibawa keluar dalam tarian umum dan perayaan, berubah dari seorang gadis menjadi seorang wanita.

Anak laki-laki juga mengalami hal yang sama dan didefinisikan datang usia. Di selatan california anak mencapai pubertas sering dihapus dari keluarga mereka dandiletakkan di bawah asuhan pemimpin spiritual yang akan mengungkapkan rahasiadan mengirimkan pengetahuan batin, seringkali dengan bantuan halusinogen kuat.Dalam california utara seorang pemuda mungkin diundang untuk bergabung dengan masyarakat manusia dari lokomotif di mana ia akan belajar lagu, tarian suci, ritual,dan lain misterius (serta praktis) pengetahuan sebelum muncul di musim semisebagai orang dewasa.
Anak belajar dengan cara berbeda dari orang dewasa, Indian merasa  belajaritu untuk menjadikan kepala kita berpikir. Jika mengetahui pengetahuan yang dewasa sementara anak masih muda, orang akan salah paham dan mendevaluasi. Begitu mereka mencapai ambang dewasa dan dinilai siap untuk pengetahuan yang kompleksyang diperlukan untuk menjadi orang dewasa yang berfungsi penuh, pengetahuanhati-hati disiapkan dan disajikan kepada mereka: tidak dilemparkan kepada mereka,tidak melarang  mereka untuk memilih, tapi diserahkan kepada mereka dalam pengaturan sangat ritual yang membuat penerima merasa bahwa apa yang merekasedang diberikan sudah lama dicari, sangat dihargai, dan akibatnya akan dihargai,diingat, dan juga diteruskan.
Masyarakat tradisional secara pribadi mengirim dan pribadi menggunakan pengetahuan. Itu tidak ada dalam buku-buku yang dapat disimpan: lagu tidak direkam pada CD yang bisa dimainkan sesuka hati. Pengetahuan ada hanya karena satu orangmemberikannya kepada yang lain, dan itu tetap hidup hanya dengan penggunaan berulang dan transmisi pribadi. Bagaimana seseorang belajar sesuatu dan menggunakan bahwa pengetahuan adalah penting dalam masyarakat tradisional,lebih dari pada kita. Kami tampaknya merasa bahwa apa pun yang harus dipelajariada secara independen dari cara itu ditularkan. Jika, misalnya, seseorang belajarsatu hal dari orang tua, yang lain dari seorang guru, sepertiga dari komputer, kitaingin menganggap bahwa mereka semua tahu hal yang sama. Anda hanya tahu sebagai fakta bahwa bumi berputar mengelilingi matahari, apakah Anda menyerapfakta bahwa pada anak usia dini, belajar itu di masa dewasa, pemikiran itu keluar sendiri, harus menolak keyakinan agama untuk sampai ke sana, atau belajar dalambahasa Inggris atau dalam beberapa bahasa lain. Tidak peduli bagaimana Andamempelajarinya, itu fakta, dan fakta budaya kita dipandang sebagai bangunan kecil yang padat, dan berubah dengan cara  bagaimana mereka diperoleh atau digunakan.
Dalam budaya barat tingkat toleransi  hampir terbayangkan, misalnya diEropa. kita kemungkinan akan menyaksikan berabad-abad perang agama, dengan tanah reruntuhan dan tak terhitung jumlahnya "bidah" dibantai, sampai lokasi "nyata" pusat dunia adalah diselesaikan. Budaya Barat tampaknya mendambakan kepastian, kami menuntut itu dari  keyakinan agama kita dan dari sistem pendidikan kita yang  sama. Kami tampaknya merasa bahwa pertanyaan memiliki jawaban dan jawaban ini exlusive - menjawab "ya" menghalangi menjawab "tidak" hal-hal yang benar atau mereka adalah palsu. Meskipun kami membayar layanan untuk misteri, kita membangun sistem pendidikan di seluruh asumsi bahwa hal-hal adalah jawabannya. Jika kita tidak tahu sesuatu, itu karena  kita bodoh, bukan karenasesuatu. sering hal yang paling penting tidak diketahui.
Di California Indians dibangun metode pengajaran tradisional, dan memangfilsafat mereka secara keseluruhanPengakuan luar biasa yang banyak di duniasekitar kita dasarnya misterius dan tidak dapat mengetahui dengan pasti. Bahkan,merupakan aspek penting dari pedagogi India adalah sesuatu yang saya temukan.perasaan bahwa dunia adalah jauh lebih besar, lebih kompleks, dan lebih misterius daripada  cakupan pikiran manusia , dan bahwa untuk menjadi manusia penuh yangAnda butuhkan adalah  belajar untuk hidup dengan ambiguitas dan toleransi untuk pengetahuan tersebut.
Beberapa tahun yang lalu didirikan sebuah lokomotif utama di sekitar tahun 1970, kemudian dibangun kembali pada awal 1990. Hal ini juga digunakan, terutama di sebuah acara tahunan yang disebut September waktu besar, ketika orang-orangdatang dari seluruh california untuk merayakan panen musim gugur, menggunakanlokomotif untuk menari, bernyanyi, berdoa, dan sebaliknya menghormati budaya mereka. Di sini, terutama saat fajar ketika penari memasuki bangsal lokomotif untuk menyambut matahari terbit, seseorang dapat merasakan misteri, keindahan, untuk pergi, dan kebenaran budaya tertua california itu.
Ketika Anda membangun sebuah bangsal lokomotif Anda membangun itusehingga berantakan setiap dua puluh tahun. Setiap generasi memiliki kesempatan untuk membangunnya kembali. Setiap generasi harus belajar lagu, upacara, teknik.Jika Anda ingin membuat bangunan terakhir yang Anda lakukan dengan cara ini.Tetapi jika Anda ingin membuat pengetahuan yang terakhir, Anda melakukannya dengan cara lain.
Fenomena membangun lokomotif ini diarahkan ke aspek pedagogi tradisional,tidak perlu hanya untuk tahu'' tetapi mengalami. Tahu langkan bukan hanya sesuatu yang harus disimpan tetapi itu sesuatu untuk dijalani. Itu akan'' masuk ke dalam diri Anda'' asthey katakan.
Berjalan hampir dimanapun di tanah berhutan utara-barat California dan Anda akan mendengar panggilan sedih dari burung tekukur. Pada setidaknya empatkesempatan terpisah ketika aku berteman India putih panggilan ini memicumenceritakan kisah berkabung o'row'e merpati dalam bahasa yorok itu mungkin yang paling populer dan banyak menceritakan kisah-kisah waktu lama.
Seperti cerita lain mitos seperti kisah o'row'e terjadi di masa lalu tak lamasetelah penciptaan ketika semua binatang di dunia adalah jenis orang yang ilahi(Woge di Yurok) mereka tampaknya telah hidup dan bahkan tampak jauh seperti orang-orang dan menegakkan dunia seperti yang kita kenal sekarang.

Bahkan hari ini setiap kali seseorang mendengar o'row'e menangis itu panggilan ke pikiran bahwa cerita kuno dan dengan itu pengingat bahwa seseorang tidak bisa membiarkan keuntungan materi mendapatkan di jalan kewajibankemanusiaan lebih penting jika Anda melakukannya Anda akan selamanya hanya mendengarkan o'row'e.

Sistem leluhur keluarga Okanagan, menjelaskan bahwa pendidikan merupakan hal yang alami yang terjadi disetiap kehidupan sehari-hari, perbedaannya terletak pada bagaimana keluarga tersebut menyajikan prinsip-prinsip dalam hal perilaku komunal yang diperlukan untuk mempertahankan sumber daya yang sehat dan sistem pangan. Mereka mengakui bahwa sistem keluarga (qalth), dapat dianggapsebagai bagian tubuh yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula, seperti tangan, jantung, dan kepala memiliki fungsi yang berbeda. Satu qalth mungkin terampil dalam kerajinan, qalth lain terampil dalam pengetahuan herbal, dan sebagainya. Sistem qalth juga lebih menekankan kepada keterampilan khusus yang diperlukan semua.
Program ecoliteracy mencoba untuk merekonstruksi cara yang menunjukkan bagaimana keluarga, masyarakat, dan lingkungan harus berinteraksi dalam perayaan dan apresiasi terhadap karunia kehidupan, pada En'owkin, ecoliteracy berarti bahwa kita harus menemukan cara untuk mengintegrasikan kemampuan akademis dan praktis dalam kurikulum, serta menunjukkan prinsip-prinsip kolaborasi.
"Tempat dan pedagogi" dan "ingatan," esai berikut, menawarkan dua perspektif pada satu pengalaman. "Tempat dan Pedagogiy" yang ditulis oleh David W Orr dia bekerja di Proyek Meadowcreek di Fox, Arkansas pada tahun 1979. Pada pengalaman Meadowcreek pada tahun 2004, Kedua pendekatan dengan tema umum yang sama, pendidikan berbasis tempat, menunjukkan ketidaksanggupan Orr untuk mencapai kesimpulan tentang suatu subjek, menyatakan dipecahkannya suatu masalah, mereka juga menunjukkan kemampuannya untuk datang pada masalah yang sama dari berbagai arah.
Orr adalah seorang profesor dan ketua Program Studi Lingkungan di Oberlin College. Dia bertugas di Pusat papan Ecoliteracy sejak didirikan CEL pada tahun 1992 Buku Ekologis Literasi Nya (dari mana esai diambil) dan ide yang diekspresikan di dalamnya. Dalam karya Orr menunjukkan, tidak ada pemutusan antara teori dan praktek. Tulisannya adalah eco-design dalam tindakan, dan praktek diwujudkan dalam teori. Dan juga tidak ada divisi dalam karyanya antara fungsi, etika, ekologi, estetika, dan makanan dari jiwa manusia. apa yang dia miliki adalah sebuah ide, energi, sedikit uang tunai, dan keyakinan bahwa kita bisa melakukan hal yang besar dan baik. Mereka menemukan sebuah tempat yang layak dijadikan sebagai sarana pendidikan, tujuan mereka adalah untuk menciptakan sebuah pusat pendidikan lingkungan tanpa penutup mata disiplin, kepicikan, dan birokrasi lembaga pendidikan konvensional. Ide di balik sebuah percobaan meadowcreek adalah bahwa kita akan Drawa garis sekitar 1.500 hektar kita telah dibeli di Ozarks Arkansas dan membuat segala sesuatu yang terjadi di dalam bahwa kurikulum line: bagaimana kita menggarap 250 hektar tanah bawah, bagaimana kita membangun, bagaimana kami berhasil 1.200 hektar hutan yang diterapkan ekologi yang diperlukan untuk mengelola tempat, bagaimana disediakan diri kita dengan energi. Thoreau memiliki harapan dan prioritas mengenai pendidikan yaitu mereka ingin mendirikan tempat pedagogi sendiri. Sebelas tahun kemudian ,mereka berangkat untuk membuat percobaan pendidikan, di tempat-tempat seperti hitam Gunung College, dalam Springs College dan beberapa lainnya di pinggiran pendidikan Amerika dan imajinasi.
Kurikulum mereka berada di sekitar pertanian, kehutanan, ekologi terapan, pengembangan ekonomi pedesaan, dan teknologi energi terbarukan, jika ada hubungannya dengan subjek keberlanjutan, itu adalah permainan yang adil bagi kita.
Pentingnya tempat dalam pendidikan telah diabaikan karena berbagai alasan. Yang pertama adalah kemudahan yang telah hilang dari kehidupan duniawi. Hal-hal sekecil apapun sering kali diabaikan. Kedua, untuk pemegang teguh kemurnian bahasa, tempat itu sendiri adalah konsep yang samar. Ketiga, ditempatkan oleh pengertian yang spesifik, namun seringkali kita berpikir abstrak. Bahwa tempat bisa menjadi alat pendidikan yang signifikan yang diusulkan oleh John Dewey dalam esainya pada tahun 1897. survei regional dimaksudkan untuk menciptakan kebiasaan berpikir seluruh disiplin ilmu, meningkatkan kerjasama, dan melarutkan perbedaan antara fakta dan nilai, masa lalu dan masa depan, alam dan masyarakat manusia. Di luar pendidikan, Mumford menganggap survei daerah sebagai dasar untuk koordinasi rasional dan perencanaan dan sebagai kendaraan untuk partisipasi publik secara luas.
Integrasi tempat pendidikan itu penting karena beberapa alasan, yang pertama  yaitu memerlukan kombinasi kecerdasan dengan pengalaman. Ruang kelas yang khas arena ceramah dan diskusi. Yang keduanya penting bagi pertumbuhan intelektual. Tapi untuk Mumford dan dewey, praktis dan keterampilan tangan yang merupakan aspek penting dari pengalaman, pemikiran yang baik, dan pengembangan seluruh orang. Keduanya dianggap sebagai perolehan keterampilan manual dan sangat penting dalam sharpning intelek. Kritik mungkin berpendapat bahwa studi tempat akan inheren parokial dan penyempitan. Jika seluruh tempat itu menjadi fokus untuk pendidikan, itu pasti bisa. Tetapi studi tempat akan hanya bagian dari kurikulum yang lebih besar yang akan mencakup studi hubungan antara tempat-tempat juga. Untuk Mumford, tempat tersebut yang paling langsung dari serangkaian lapisan yang mengarah ke seluruh daerah sebagai sebuah sistem kecil tempat. Tempat adalah laboratorium keragaman dan kompleksitas. Pencampuran fungsi sosial dan proses alam, Tempat memiliki sejarah manusia dan masa lalu geologi, itu adalah bagian dari suatu ekosistem dengan berbagai Microsystems, itu adalah lanskap dengan flora dan fauna tertentu. Penduduknya adalah bagian dari tatanan sosial, ekonomi, dan politik: mereka mengimpor atau mengekspor bahan energi, air, dan limbah, mereka dihubungkan oleh ikatan ke tempat lain. Tempat tidak dapat dipahami dari sudut pandang disiplin tunggal atau spesialisasi. Hal ini dapat dipahami hanya pada istilah sebagai mosaik kompleks fenomena dan masalah. Ruang kelas dan laboratorium dalam ruangan enviroments ideal di mana untuk mempersempit realitas dalam rangka untuk fokus pada potongan-potongan. Studi tentang tempat, sebaliknya, memungkinkan kami untuk memperluas fokus untuk meneliti keterkaitan antara disiplin ilmu dan memperpanjang persepsi kita tentang waktu.
Hal ini penting untuk tidak berhenti belajar pada titik pemahaman intelektual belaka. Siswa harus didorong untuk bertindak atas dasar informasi dari survei untuk mengidentifikasi serangkaian proyek untuk mempromosikan ketergantungan diri yang lebih besar, lerning interdisipliner, dan kompetensi fisik, seperti kebijakan pangan, energi, arsitektur, dan limbah. Ini memberikan kesempatan untuk belajar intelektual dan experiental melibatkan berbagai disiplin ilmu bekerja pada masalah nyata. Jika tempat tersebut juga mencakup area alam, hutan, sungai, dan lahan pertanian, peluang untuk belajar lingkungan biak sesuai.
Tujuan kami adalah untuk menciptakan sebuah pusat pendidikan lingkungan dan birokrasi lembaga pendidikan konvensional. Seperti Henry Thoreau dan Walden dalam rangka mendorong beberapa masalah hidup sehingga lebih mudah dipelajari.
Kurikulum ini mempelajari bidang pertanian berkelanjutan, kehutanan, ekologi terapan, pengembangan ekonomi pedesaan, dan teknologi energi terbarukan.
Dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk terpusat di suatu tempat. Namun kita dapat belajar untuk mencintai tempat-tempat tertentu dan percaya bahwaevolusi peradaban manusia yang tahan lama akan membutuhkan banyak cinta dan kompetensi . Menyukai peninggalan kuno dari zaman lampau sangat penting untuk masa depan.
Sebagai seorang anthopolatry mempelajari alam lebih ditujukan untuk memahami bagaimana dunia bekerja sehingga memungkinkan penguasaan manusia yang lebih lengkap dan tingkat halus manipulasi memperluas ke dalam gen dan atom dan luar ke pelosok ruang.
Jika pendidikan dipahami dengan benar, maka dapat membantu kita mengatasi niat buruk dalam hidup kita , yaitu dengan cara dimulai dengan sekolah formal.
Hubungan anak-anak  dengan air sangat fundamental. Mereka hidup dengan memahami bagaimana air mengalir bagaimana air digunakan. Karena sungai adalah bagian dalam dan sentimental dari pengetahuan Amerika.
Seni merupakan sarana untuk mengembangkan dan menyempurnakan kemampuan seorang anak untuk mengenali dan mengekspresikan diri. Salah satunya dengan praktek ROW. Praktek ROW merupakan tempat pembelajaran berbasis dengan mengundang anak-anak untuk menggunakan seni untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan pemahaman mereka dari dan koneksi ke tempat asal mereka.
Dengan demikian, sebagai salah satu pendiri ROW dan direktur excecutive, Pamela Michael menjelaskan di sini, ROW juga memungkinkan anak-anak untuk terlibat dengan alam dalam seluruh diri mereka sadar dan bawah sadar, emosional dan kognitif.
Karir Pamela Michael juga dimulai dengan menulis, mengajar, pengembangan kurikulum, jurnalistik radio, dan advokasi untuk pendidikan lingkungan dan seni.
Dia melakukan pengembangan kurikulum untuk Discovery Channel, diarahkan PBB, disponsori International Task Force on Media dan Pendidikan, dan dikembangkan oleh program pendidikan pedesaan di Mesir. Ia pernah memenangkan Asosiasi nasional Travel Jurnalis Award untuk Travel Buku Terbaik tahun 2002. Baru-baru ini ia menjabat sebagai editor untuk River of Words: Gambar dan Puisi di Pujian Air, pada tahun 2004, ia memenangkan 2004 Stones Award untuk Best Book dan Wisata Alam atau Ekologi. Buku-bukunya yang lain termasuk The Hadiah Rivers (2000), coedited dengan Robert Hass, dan Gairah Seorang Wanita untuk Perjalanan (1999) dan World Seorang Ibu: Journeys of the Heart (1998), keduanya coedited dengan Marybeth Bond.
Untuk menciptakan tempat yang menyenangkan dalam belajar, mereka tidak hanya melihat dalam imajinasi mereka, hendaknya dibuat nyata oleh tindakan penciptaan.
Anda sebaiknya mengajak anak-anak menemukan tempat mereka di alam, anak-anak yang tahu bahwa air tidak hanya datang dari keran, yang dapat menjadikan nama tumbuhan dan hewan di sekitar mereka, memahami tantangan hidup berkelanjutan di bumi, dan mendapatkan alat dan imajinasi untuk mengatasi tantangan-tantangan.
Pada tahun 1995, penyair dan sarjana Robert Hass dan Pamela mulai untuk membahas cara-cara untuk memanfaatkan posisi baru Hass sebagai penyair AS Nobel untuk meningkatkan melek lingkungan. Kami mengundang seniman, pengusaha, guru, penulis, dan sekelompok pejuang bendungan dari International Rivers Network (IRN) untuk bergabung dengan kami.
Akademi Penyair Amerika telah mengumumkan bahwa mereka menyatakan April sebagai Bulan Puisi Nasional tahunan. Sehingga mencari cara untuk melibatkan perhatian orang di bulan sebelum bulan April berikutnya, kami memutuskan untuk membuat sebuah puisi lingkungan dan lomba seni nasional (kemudian menjadi internasional).
Strategi kami adalah untuk menciptakan pengalaman sensorik kaya bagi siswa,  mendorong mereka untuk mengeksplorasi komunitas mereka dan imajinasi. dalam sejarah alam dan budaya dan untuk mensintesis apa yang telah mereka pelajari dan mengamati ke dalam garis dan ayat. Kami berusaha untuk membantu anak-anak untuk menjadi pengamat yang tajam mereka sendiri "tempat di ruang angkasa," seperti Gary Snyder menyebutnya, dengan harapan bahwa mereka akan mengembangkan rasa memiliki ke tempat tertentu.
Kami memilih model eksplorasi, berdasarkan sifat anak-anak yang mengalami langsung, karena kemampuannya untuk menangkap imajinasi dan fokus pada pengamatan, yang memungkinkan anak-anak untuk mencari secara sadar informasi yang akan memperpanjang ide-ide mereka.
Kami mencoba untuk menambahkan keingintahuan, penemuan, interpretasi, ketangkasan, dan kejutan untuk belajar, dan untuk mempromosikan keyakinan kami bahwa sementara tidak semua orang bisa menjadi seorang seniman, semua orang bisa menjadi artistik.
Ide kami adalah untuk menghubungkan sekolah dengan banyak aspek masyarakat mungkin dalam mengeksplorasi dan belajar tentang tempat mereka.
Pembelajaran di luar, membantu anak mengalami dunia dengan rasa ingin tahu dan bertanya-tanya, meningkatkan sensitivitas mereka terhadap alam serta ekspresif dalam menanggapi lingkungan. Hal ini disambut baik oleh para guru, terutama mereka yang berusaha untuk memperkenalkan prinsip-prinsip ekologi untuk siswa mereka.
Menggabungkan ilmu pengetahuan dan seni, seperti yang kita lakukan dalam panduan pendidik kita, termasuk dalam pedagogis. Kedua disiplin mengandalkan pengamatan, pola pengakuan, pemecahan masalah, eksperimen, dan berpikir dengan analogi.
Penelitian lebih lanjut menunjukkan, bahwa, pada kenyataannya, pada abad sembilan belas dan awal abad kedua puluh teks sejarah alam yang penuh dengan seni, puisi, lagu, dan bahkan cipratan spiritualitas. Kami menemukan resfect dan cinta terhadap alam dan keindahan dalam pelajaran sebelumnya bahwa tampaknya layak ditiru, terutama dalam dunia sering kurang dalam kualitas ini.
Karena pendidikan lingkungan, seperti banyak pendidikan, sering gagal untuk mengakui peran penting dari emosi dalam proses belajar, kegiatan yang kedua menginformasikan pikiran dan melibatkan jantung terbukti menjadi kombinasi yang kuat dan efektif. Kami segera mulai mendefinisikan misi kami sebagai "membantu anak-anak jatuh cinta dengan bumi".
Alam adalah spesifik, sebagai puisi terbaik bahwa dari tahun 2000 Baris puisi ini telah menggambarkan kekayaan pengalaman, pengamatan, dan ekspresi yang datang.
Sungai kontes kata telah menjadi kompetisi terbesar di dunia, namun sejak awal kami melihat kontes ini hanya sebagai kait perangsang untuk mendapatkan perhatian dari guru dan siswa.Menyadari bukti bahwa kerjasama dari pada kompetisi ini adalah tanda komunitas alam dan manusia yang berkelanjutan. Sungai kontes kata telah sangat efektif dalam menjangkau anak-anak muda perkotaan karena orang-orang muda yang koneksi dengan alam seringkali lemah dan terfragmentasi. Untuk menghormati afiliasi kami dengan adanya perpustakaan kongres, bahwa kita telah mendapatkan penghargaan dan penghargaan itu diberi nama “Anacostia anak gudang hadiah” untuk seorang mahasiswa Washington, DC setiap tahunnya.
Pendekatan puisi BARIS ini memungkinkan anak-anak untuk membenamkan diri di alam dan meminta mereka untuk mengamati dengan cermat, menciptakan pembuka untuk munculnya suka cita dan bertanya-tanya bahwa alam dapat membangkitkan. Puisi Baris menekankan langsung, pengalaman investigasi dan ekspresi dari pada mengambil sisi pada isu-isu telah terbukti menjadi penting karena  alasan politik serta kognitif / emosional. Karena kurikulum puisi baris ini tidak mengeluarkan berorientasi karena seni dalam pengalaman individu kehormatan umum, anak-anak mampu berkomunikasi tentang ide-ide, gaya hidup, dan peristiwa yang mungkin menemukan otentikasi sedikit dalam pendekatan pendidikan lingkungan yang lebih tradisional. Sungai kontes kata menerima banyak puisi dan  lukisan setiap tahun yang menggambarkan branding betis, berburu, memancing, beternak ayam, dan kegiatan lainnya yang mencerminkan kehidupan nyata dari puisi pencipta dan keluarga mereka, kehidupan yang sering disalahpahami oleh beberapa pendidik lingkungan.
Ini puisi tentang angsa berburu yang menunjukkan rasa ingin tahu tempat keluarga dan kasih sayang manis bagi keduanya. (Perlu dicatat bahwa pemburu, pemburu khususnya bebek, bahwa beberapakonservasi yang paling aktif dan efektif adalah di AmerikaSerikat).
Puisi Baris selalu bekerja dengan membangun kemitraan, dimulai dengan hubungan awal dengan Jaringan Sungai internasional. Untungnya, Owen Lammers, direktur eksekutif IRN ketika kami meluncurkan puisi  baris, diakui dalam Sungai kontes Kata kesempatan untuk membuat program untuk IRN yang berpendidikan dan terinspirasi .Kami telah bekerja keras untuk mempromosikan kolaborasi di sekolah-sekolah antara sekolah dan masyarakat. Kami juga telah berbesar hati dengan cara-cara inovatif masyarakat lokal telah menerapkan Sungai kontes Kata. Satu kota kecil di New Mexico dirayakan dengan Sungai Kata parade di jalanraya, yang dihiasi dengan spanduk jalan cahaya yang terbuat dari karya seni anak-anak. Setiap toko di kota hari itu memiliki keranjang kecil di samping kasir di mana Anda bisa mengambil sebuah puisi atau meninggalkan puisi. Masyarakat juga mensponsori membersihkan tepi sungai dan pembacaan puisi, yang telah menjadi acara tahunan.
Konsep bioregion suatu hal yang unik dan berguna untuk menempatkan diri kita kembali ke alam. Bioregion adalah cara untuk menggambarkan geografi alam di mana terdapat satu kehidupan.
Peter berg adalah seorang pendiri dan direktur yayasan, dia sering kali dikaitkan dengan konsep bioregion. Cara efektif untuk memulai proses bioregion tersebut adalah dengan membuat peta sederhana yang menunjukkan beberapa karakteristik alam dasar di mana anda tinggal. Proses pembuatan peta akan menyerapeksplorasi. Peta yang anda buat merupakan pandangan bioregion anda sendiri. Ini menunjukkan dasar rumah anda dalam beberapa elemen alami yang pada akhirnya mendukung elemen lainnya. Peta anda dapat  menunjukkan wilayah yang membutuhkan dukungan dan pertahanan, yang pada  akhirnya mungkin anda  ingin bergabung bersama dengan orang lain yang tinggal di bioregion untuk menemukan lebih lanjut tentang hal itu dan mengeksplorasi cara untuk hidup disana yang sesuai untuk mempertahankan bagian unik dari bumi.
Ø  Kelebihan :
Isi bab ini sangat baik untuk menunjang pembalajaran mahasiswa PGSD karena dalam bab ini berisi teknik atau metode pengajaran untuk anak yang disesuaikan dengan usia kemampuan, dan juga dalam bab ini teknik pengajarannya lebih konkrit karena anak langsung diperkenalkan dengan alam.
Ø  Kekurangan :
Bab inkurang dipahami kerena terlalu banyaknya sub-sub judul yang menjadi penjelasan terhadap pokok penjelasannya sehingga dalam pemahamannya ditemukan berbagai kesulitan. Kemampuan penulis dalam menjabarkan contoh tidak begitu menekankan kepada inti permasalahannya, sehingga diperlukan analiis dan pengalaman yang mendalam. Konsep isinya terlalu berbentuk cerita,terlalau banyak menceritakan pengalaman tokoh.
Ø  Saran :
Sebaiknya disusun lebih systemmatis lagi agar mudah dipahami bagi para kalangan mahasiswa yang membacanya, bahasa yang digunakannya sangat intelektual sekali. Sebaiknya menggunakan bahasa yang lebih dimengaerti. Kajian pembahasanya perlu dipertimbangkan agar mampu menyaring inti dari permasalahannya .

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Ecology  Literacy adalah istilah yang pertama kali digunakan oleh pendidik Amerika   David W. Orr dan fisikawan Fritjof Capra pada 1990-an, dalam rangka memperkenalkan ke dalam praktek pendidikan nilai dan kesejahteraan Bumi dan ekosistemnya. Ecology literacy melengkapi siswa dengan pengetahuan dan kompetensi yang diperlukan untuk menangani masalah lingkungan yang kompleks dan mendesak secara terpadu, dan memungkinkan mereka untuk membantu membentuk masyarakat yang berkelanjutan yang tidak merusak ekosistem.
Seorang penerbit buku kejayaan, dia menerbitkan buku-buku tentang sejarahCalifornia, sastra, perjalanan dan kehidupan Amerika asli. Pada tahun 2001, ia mendirikan Alam Teluk, sebuah majalah triwulanan nirlaba terfokus pada dunia alami dari San Francisco Bay Area, edisi pertamanya memuat artikel oleh Harry Roberts, yang telah lama dikaitkan dengan San Francisco Zen Center. Dimana harry dimintauntuk menjawab pertanyaannya sendiri, sementara ia hanya diberikan petunjuk, dancerita. Harry terpaksa berpikir keras tentang pertanyaannya. Ia diberikan tekanan sehingga ia akan tahu bahwa apa yang ia tanyakan adalah penting.
Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa “ketika Anda mengajarseseorang sesuatu, Anda telah merampok orang dari pengalaman belajar itu. Andaperlu berhati-hati sebelum anda mengambil pengalaman yang jauh dari orang lain”.
Dalam bab ini juga dijelaskan tentang bagimana cara pengajaran kepada anak. Dimana anak diharapkan dapat terbuka pemikirannya terhadap lingkungan.Pembelajaran di luar, membantu anak mengalami dunia dengan rasa ingin tahu dan bertanya-tanya, meningkatkan sensitivitas mereka terhadap alam serta ekspresif dalam menanggapi lingkungan. Sehingga pengalaman yang didapat anak akan lebih banyak dan akan lebih mudah diingat. Selain itu, dalam pengajarannya anak juga diperkenalkan dengan dunia seni, seperti puisi dan lagu . Hal ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyempurnakan kemampuan seorang anak supaya mengenali dan mengekspresikan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar